"WELCOME TO KeNaM BuKaN SeNaM"

Rabu, 16 November 2011

Trend Teknologi Web Desain zaman Sekarang

Masa HTML5 dan CSS3

gambar 1: tampilan video pada HTML5

XHTML yang selama bertahun-tahun menjadi trend dalam bahasa markup, yang biasa kita digunakan  dalam mendesain suatu website akan diganti menjadi HTML5 dan CSS3 dalam desain web, dan tentu saja memberikan banyak perubahan yang menakjubkan. Di HTML5, misalnya, kita bisa membuka video tanpa harus menanamkan plugin pada browser. Serta banyak fitur Photoshop yang telah ”diambil alih” oleh CSS3. Untuk membuat suatu efek rounded corner, gradient, atau drow shadow hanya bisa dibuat dengan bantuan Photoshop dan sejenisnya, tetapi sekarang CSS3 sudah mampu melakukannya. Pada beberapa bagian, Photoshop hanya menjadi sketsa dalam pembuatan desain web.



Background, Ikon, dan Tombol

gambar: glossy
Tekstur, gambar atraktif, atau foto yang besar, selalu menjadi background halaman pada trend desain web saat ini. Meski masih juga banyak web mempertahankan latar yang bersih, sebagian web justru sedang musim-musimnya mempercantik background.
Trend lainnya adalah menampilkan ikon glossy dengan ukuran cukup besar, serta tombol-tombol yang kontras daneye chaching. Elemen tersebut digabungkan dengan tipografi yang mencolok, serta efek-efek yang lebih modern seperti drop shaddow dan beveled edges.

Memperluas Footer

Dulu footer hanya untuk menampilkan copyright dan navigasi pendek. Akan tetapi, di jaman Sekarang, banyak web yang memperluas footer sebagai navigasi utama, serta untuk menempatkan pilihan bahasa, RSS, atau formulir kontak.

Animasi dengan jQuery

gambar 3: lamabang Jquery
Animasi yang dulu hanya bisa dibuat menggunakan Flash, kini menjadi mudah dengan munculnya jQuery. Banyak sekali halaman web yang menyertakan beragam fitur jQuery, seperti slider konten, slideshow foto, modal dialog, dan sebagainya.

Desain Web untuk Layar Sentuh

Teknologi tablet PC telah beredar luas. Ini akan menjadi tantangan untuk desainer web, karena tampilan antara muka tablet, seperti iPad, menggunakan layar sentuh (touch screen). Banyak web yang menyediakan alternatif untuk teknologi komputer. kemudahan pengguna, merancang desain khusus yang harus berbeda pada komputer yang menggunakan mouse, tablet dengan layar sentuh, atau ponsel.

Barcode Web dengan QR Code

Gambar 4 : Qr code pada iphone
Alamat web pun kini dapat menggunakan semacam barcode. QR Code (Quick Response Code) merupakan pengembangan dari barcode, yang berfungsi untuk menyimpan berbagai informasi dalam bentuk kode gambar. Ponsel yang telah mendukung QR Code, dapat mengakses halaman web beserta informasi lainnya hanya dengan memindai gambar dalam bentuk QR Code.

Integrasi dengan Jejaring Sosial

Gambar 5: Jejaring sosial
Situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter  menjadi trend saat ini. Hampir setiap orang memiliki akun di jejaring sosial. adanya pemanfaatkan oleh pengembang web agar lebih dikenal luas melalui jejaring sosial, maka, Kebanyakan web saat ini telah berintergrasi dengan jejaring sosial, misalnya untuk fitur komentar dan login pengunjung.

3 komentar:

  1. thanks for infonya, gan,, update trus gan .... :D

    BalasHapus
  2. ok ok ok ,,, gan,, thanks for commentya gan .. :)

    BalasHapus
  3. yo,,jgan mudah untuk mengkreasikan yg lain.. udah tak komen

    BalasHapus